Bupati Subang Resmikan Launcing Dan Festival Makanan Berbahan Baku Singkong Di Kecamatan Cijambe

SUBANG,LN – Bupati Subang, H.Ruhimat didampingi Ibu Hj. Yoyoh Ruhimat, (ketua TP PKK Kabupaten Subang) hadiri kegiatan Festival dan Launching makanan ringan berbahan baku singkong di lapang Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang. Selasa ( 24/11/2020 )

Ketua PKK Kecamatan Cijambe dalam sambutannya menyampaikan hasil bumi di kecamatan Cijambe sangat banyak salah satunya adalah singkong, untuk itu kami mencoba bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK desa dengan berinovasi mengolah bahan dasar singkong. disisi lain turut mengatasi problem para petani singkong, yang seringkali mengeluh karena murahnya harga singkong di tingkat petani,untuk itu kami bergerak agar singkong ini bisa di olah dan di kemas agar bisa mendongkrak harga nilai tambah dengan memampaatkan bahan baku singkong dari para petani” ucapnya

Camat Cijambe Agung Nugroho, dalam Sambutan mengucapkan selamat datang kepada Pa.Bupati, Ketua TP PKK Kabupaten Subang serta rombongan, atas kehadirannya, kami sampaikan kegiatan ini sudah lama ingin dilaksanakan, atas dasar dengan banyaknya bahan baku singkong yang dihasilkan oleh warga masyarakat kami.

Maksud kegiatan ini sebagai langkah solusi yang di hadapi para petani singkong karena harga jualnya murah, untuk itu kami mengapresiasi dengan langkah yang di lakukan Ketua PKK Kecamatan dengan mencoba mengolah bahan baku singkong ini bisa menjadi peluang untuk diolah lebih lanjut. terlebih saat ini untuk Kecamatan Cijambe belum ada makanan yang khas, barangkali ke depan singkong atau hasil olahan berbahan dasar singkong ada yang bisa menjadi brand atau makanan khas dari Kecamatan Cijambe, sebagai upaya mewujudkan jawara wisata dan Jawara Pakaya.”ujar Agung Nugroho

Bupati Subang H.Ruhimat dalam sambutannya mengapresiasi atas ide dan gagasan yang telah di ambil oleh Pemerintahan Kecamatan Cijambe lewat Tim PKK Kecamatan dan kami merasa bangga atas kreasi ibu ibu PKK Kecamatan Cijambe, yang mampu mengolah singkong menjadi makanan olahan yang memiliki nilai jual ekonomis tinggi.

Sambungnya “kita tetap harus berupaya walau dimasa pandemi covid 19 ini, harus tetap bisa menjaga dan meningkatkan ekonomi masyarakat, ini penting untuk kita bersama-sama terus berusaha berinovasi,kreatif dan inovatif salah satunya pengolahan bahan baku singkong menjadi makanan yang punya nilai jual lebih.

Pemda akan membantu memasarkan produk produk UMKM diantaranya melalui pasar ritel atau modern.

Kami meminta kepada ibu-Ibu PKK untuk terus berkreasi dan berinovasi mengolah makanan yang berbahan dasar yang ada di sekitar seperti singkong, baik dalam bentuk olahan kering atau basah, agar memiliki standarisasi dan kemasan (brand ) yang baik. tentunya dalam bentuk kemasan agar lebih menarik.

Kami menginstruksikan kepada jajaran Dinas DKUPP agar turut memberikan bantuan pembinaan agar makanan olahan tersebut dapat berkembang dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.”tandasnya

Terkait covid Kang Jimat berpesan meminta semua lini kepala desa dapat diberikan edukasi agar dapat meneruskan kepada masyarakat, terkait pentingnya upaya pencegahan Covid19 melalui pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat. hal ini merujuk kepada situasi dimana pandemi covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Di kesempatan lain H.Ruhimat bersama Ketua TP. PKK mencoba mencicipi makanan-makanan olahan berbahan dasar singkong. turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dharma Wanita Kabupaten Subang, Hj. Susi Aminudin, Kepala Dispemdes, Kepala Disparpora, Kecamatan Cijambe beserta unsur muspika, ibu PKK Kecamatan dan Desa Cijambe. (Gerry/JM)

 

You might also like