Sarana Air Bersih yang Terbengkalai Disoroti Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor

BOGOR,LN – Sebuah fasilitas sarana air bersih di Kampung Pasir Nangka, RT 04/06, Desa Cikopomayak, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor yang beberapa hari ini dikeluhkan oleh warga setempat lantaran terbengkalai mendapat perhatian dari H. Dadeng Wahyudi, S.Pd, ME, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor.

Dadeng menilai, pada dasarnya setiap bangunan harus berdasarkan perencanaan yang matang, dimana setiap bangunan selayaknya disertakan rancangan perawatan maupun perbaikan, sehingga kata dia, hal tersebut tidak sepatutnya terjadi.

“Seharusnya tidak terjadi seperti ini terbengkalai, karena pembanguna apapun itu harus sesuai dengan kebutuhan dan keperluannya,” ungkap wakil ketua praksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Senin (11/07/2022).

“Kalau dalam anatomi APBD Kabupaten ada itu yang namanya anggaran perubahan, jika di APBDes dengan program samisadenya ada juga anggaran perubahan yang sebetulnya bisa juga di bahas dan di anggarkan melalui mekanisme itu,” sambungnya

Dengan demikian, dia menilai bahwa dengan adanya kejadian tersebut sama dengan, sebuah pembangunan yang mubazir jika tidak serega ditanggapi, terlebih itu adalah kebutuhan khalayak banyak yakni, masyarakat setempat.

“Bukan di sayangkan lagi, itu mubazir. padahal kalau belum perlu mungkin bisa dialihkan ke sarana lain. disinilah seharusnya para pemangku jabatan di tingkat perlu membuat perencanaan yang matang baik lokus atau fokusnya,” ujarnya kepada wartawan.

Sebelumnya diberitakan bahwa sarana air bersih yang dikeluhkan warga Desa Cikopomayak tersebut dijawab oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Cikopomayak Aris yang angkat bicara saat Saprudin selaku Kepala Desa (Kades) sulit ditemui untuk dimintai konfirmasi.

Dimana Sekdes Aris berkilah bahwa fasilitas air yang terbengkalai di Kampung Pasir Nangka RT 04/06, Desa Cikopomayak Kecamatan Jasinga yang terbengkalai tersebut pada tahun anggaran ini belum dapat dianggarkan untuk perbaikan.

“Iya bang sebenarnya itu masuk prioritas pemeliharaan maupun perbaikan di tahun 2023, sebab di tahun sekarang kita belum bisa anggarkan untuk perbaikan,” kata Aris dikonfirmasi wartawan melalui pesan elektronik.

Sebelumnya, telah diberitakan sebuh kemirisan terkait fasilitas sarana air bersih di Kampung Pasir Nangka, RT 04/06, Desa Cikopomayak, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor disinyalir terbengkalai lantaran tidak adanya perawatan sama sekali.

Padahal menurut aparatur Rukun Tetangga (RT) setempat dan warga sudah sering kali mengajukan perbaikan sarana air bersih tersebut kepada Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, namun sampai dengan saat ini masih

“Besumber anggarannya dari dana Desa Tahun 2020, tapi pasilitas air bersih ini sampai saat ini belum ada perawatan maupun perbaikan dari Pemdes setempat,” tukas ketua RT setempat, Darles Sembiring.(Cakra)

 

You might also like