Warga Bogor Bersihkan Sungai Ciliwung

BOGORLN – Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) bersama warga Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor melakukan kegiatan Mulung Sampah Ciliwung, Sabtu (5/6). Kegiatan ini dilakukan di sepanjang aliran Sungai Ciliwung yang mengalir di 12 RW Kelurahan Sindangrasa.

Anggota KPC yang juga koordinator Satgas Ciliwung, Suparno Jumar menjelaskan, kegiatan membersihkan Sungai Ciliwung dari sampah ini merupakan salah satu upaya pemulihan ekosistem Sungai Ciliwung.

“Jadi kalau hari ini temanya adalah restorasi ekosistem atau pemulihan ekosistem. Ini adalah salah satu cara untuk kemudian kita memulihkan ekosistem, khususnya di Sungai Ciliwung yang masih perlu perhatian besar dari semua stakeholder. Termasuk masyarakat yang ada di dalamnya,” kata Suparno kepada awak media, Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan ini dilakukan di beberapa titik Sungai Ciliwung, salah satunya di dekat Bendungan Katulampa. Pantauan awak media di lokasi, sebagian besar sampah yang tersangkut di batu-batu sungai merupakan sampah plastik dan sampah kain. Sehingga, warga harus bersusah payah menarik sampah tersebut dari bebatuan dan memasukannya ke dalam karung.

Lebih lanjut, Suparno mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan KPC setiap Sabtu pagi. Kebetulan hari ini bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.“Jadi ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan KPC setiap Sabtu pagi. Kebetulan hari ini adalah hari Sabtu bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang kita tahu diperingati setiap tanggal 5 Juni,” ujar Suparno. (Abdul)

 

You might also like