Warga Koleang Manfaatkan Limbah Bambu Menjadi Kerajinan Antik Yang Bernilai Tinggi

 

H. Memed (Zimed) saat dijumpai di kediamannya

BOGOR,LN – Banyaknya pohon bambu yang tumbuh di wilayah Desa Koleang Kecamatan Jasinga, membuat sejumlah Warga memanfaatkan limbah bambu disekitarnya untuk membuat kerajinan bernilai jual.

H. Memed Zarkasyi yang akrab disapa Zimed dan warga Kampung Cikidung Rt/Rw 02/09 Desa Koleang Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor, ini memanfaatkan limbah batang bambu menjadi kerajinan bernilai jual ekonomi.

“Ini atas inisiatif, muncul karena banyaknya bambu yang ada, sehingga ingin memanfaatkan bambu dan rantingnya untuk membuat seni bernilai,” tutur Zimed, kepada awak media, Rabu (09/09/2020).

Menurutnya ide kreatifitas ini muncul ketika melihat banyaknya limbah pohon bambu sisa penjualan batang bambu, yang ada namun belum maksimal dalam pemanfaatnya sehingga berawal mencoba akhirnya menjadikan sebuah karya dan kerajian bernilai jual.

Selain membuat kerajinan gelas dari batang bambu, warga juga membuat kerajinan lain seperti teko yang bahannya juga dari bambu.

“Kalau di Desa, batang bambu hanya terpakai untuk buat pagar pekarangan, dan belum dimanfaatkan secara maksimal, ini kami coba untuk memanfaatkannya,” kata Zimed menambahkan.

“Semoga dengan kerajinan ini bisa membuka peluang usaha di desa kami demi memajukan desa, dan mampu mengurangi pengangguran yang ada,” pungkas Zimed. (Cakra/Erick)

 

You might also like